√ 5 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai - Beliin
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 19 Juni 2021

5 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya mengenai> Cara Bisnis Bitcoin Pemula.

Baterai HP yang cepat habis padahal tidak dipakai memang menjadi masalah yang cukup umum di temui di pengguna smartphone terutama HP Android. Normalnya ketika Hp tidak dipakai baterai akan cukup awet dan tahan lama karena smartphone yang tidak dijalankan, Sehingga baterai juga akan tahan lama.

Namun yang menjadi masalah ketika Hp tidak digunakan namun presentase baterai cepat sekali menurun dan sangat tidak wajar. Hal ini bisa jadi ada masalah tersendiri pada baterai karena kondisi yang tidak wajar apabila cepat sekalu habis.

Baterai HP Cepat Habis

Masalah ini memang akan cukup membuat kita kebingungan, Karena penyebab yang tidak tahu pasti dan cukup meresahkan apabila Hp yang mau digunakan tapi baterai tahu-tahu sudah habis. 

Dalam keadaan tidak terpakai dan layar mati. Biasanya baterai Hp akan cukup tahan lama ketika tidak digunakan. Misal presentasi baterai yang tadinya full 100% dan tidak digunakan selama berjam-jam. Namun saat di cek, Tiba-tiba baterai hanya tinggal 40/30% saja. Maka hal ini bisa dikatakan tidak wajar dan pastinya ada yang bermasalah pada baterai Hp sobat.

Karena seperti yang kita tahu, Bahwa kapasitas baterai smartphone-smartphone saat ini cukup besar. Baik merek Asus, Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, Samsung dan merek lainnya. Rata-rata mempunyai kapasitas baterai sekitar 4000 mAh sampai 5000 mAh. 

Jadi akan sangat tidak wajar bisa dalam kondisi full, Namun baterai berkurang presentasenya cukup banyak sampai hampir habis. Cara mengatasi baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai biasanya dengan cara berikut.

  • Kalibrasi baterai
  • Mengganti baterai
  • Mengurangi aplikasi yang berjalan dilatar belakang
  • Memindahkan hp ke lingkungan yang tidak panas.

Mungkin hanya itu saja, Namun saya akan membahasnya lengkap dibawah beserta penyebab.

Masalah pada baterai biasanya memang dikarenakan beberapa penyebab dan bisa jadi memang sudah waktunya baterai tersebut diganti. Lantas penyebabnya apa saja? Simak berikut.

Penyebab baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai


Ada beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui pada masalah baterai. Masalah ini terbilang serius karena akan cukup mengurangi performa hp sobat.

1. Baterai HP Bocor


Baterai Hp yang bocor biasanya memang tanda-tandanya yaitu cepat habis padahal tidak dipakai. Biasanya tanda-tanda lain yaitu baterai melembung atau mengembung. Dan kerusakan ini akan cukup parah bila sudah melembung sampai merusak body dan sistem smartphone didalamnya. 

2. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang


Aplikasi yang berjalan di latar belakang memang cukup menguras baterai HP. Karena aplikasi akan tetap berjalan jika tidak diberhentikan. Sehingga saat dalam kondisi layar mati, Tetap aplikasi akan berjalan dan menyedot baterai. 

Contohnya saja Whatsapp yang dimana dia akan terus berjalan dilatar belakang untuk memberitahu pengguna jika ada chat masuk. Itu baru Whatsapp saja belum aplikasi lainnya. Jadi akan cukup wajar jika baterai cepat habis.

3. HP Dalam Kondisi Yang Panas


Hp yang dalam kondisi panas, Memang bisa mengurangi baterai. Terutama jika kamu habis memainkan game online seperti PUBG. Yang dimana Hp akan dalam kondisi panas dan setelah layar dimatikan, Suhu HP biasanya tetap panas dan butuh waktu untuk dingin. Baterainya juga akan berkurang.

Cara Mengatasi baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai


Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai.

#1 Mengganti Baterai HP


Jika kondisi baterai HP sudah rusak terutama bocor. Maka kamu bisa mengganti baterai Hp nya.  Karena kerusakan ini cukup fatal dan tanda-tandanya yaitu baterai hp melembung. 

Jika baterai sobat, Baterai tanam karena smartphone saat ini rata-rata menggunakan baterai tanam maka akan kesulitan melihat tanda-tandanya. Namun, kamu bisa cek bagian body belakang apakah ada lengkungan menonjol sedikit. Jika iya maka jelas baterai tersebut waktunya diganti dengan yang baru. Usahakan untuk membeli baterai original yang kualitasnya cukup bagus.

#2 Menghentikan Paksa Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang


Saat kamu menutup aplikasi, Biasanya aplikasi masih bisa berjalan dilatar belakang. Dan untuk menutupnya kamu perlu paksa berhenti aplikasi. Cara ini nantinya akan cukup berpengaruh pada baterai hp agar tidak berkurang secara cepat.

Karena aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan terus berjalan dan menyedot baterai. Apalagi jika aplikasi yang berjalan dilatar belakang cukup banyak, Maka baterai yang terkuras juga cukup banyak.

Lantas bagaimana menghentikannya? kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify untuk mempermudah menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi ini juga menghentikan secara otomatis tanpa harus tindakan manual satu persatu pada aplikasi.

#3 Kalibrasi Baterai


Cara ketiga yang bisa kamu coba yaitu kalibrasi ulang baterai agar baterai normal kembali. Cara ini banyak diterapkan pengguna HP Android ketika baterai bermasalah. kamu bisa cek cara lengkap kalibrasi pada hp Android .

#4 Dinginkan HP 


Jika HP dalam kondisi panas bahkan overheat terutama setelah digunakan bermain game online. Maka kamu perlu mematikan HP sementara dan jangan dilanjutkan. Karena akan cukup berpengaruh pada HP Android. Matikan secara sementara agar Hp Android dingin secara sendirinya. Selain itu hindari menaruh hp Android di lingkungan yang suhunya panas.

#5 Jangan Gunakan Charger Lain


Jangan gunakan charger lain yang bukan charger bawaan Hp Android sobat. Karena setiap charger Hp Android itu berbeda-beda, Terutama charger KW. Selalu gunakan Cas atau Charger ori untuk menjaga kualitas baterai sobat.

Kesimpulan


Baterai Hp Cepat Habis memang akan cukup mengganggu dalam penggunaan smartphone. Sehinga performa Hp akan cukup menurun. Jika permasalahan memang terjadi kerusakan pada baterai HP, Maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Sekian informasi kali ini, nantikan artikel menarik lainnya.



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Get notifications from this blog